Perbedaan Jangan Jadikan Perpecahan

Menurut Atho, dialog multikultural ini harus terus diadakan di semua provinsi yang ada dengan secara selektif memilih kota-kota yang dapat dijadikan sample sebagai lokasi kunjungan para peserta dari berbagai Ormas Islam. Selain itu, sumbangan yang diberikan kepada masjid-masjid kiranya dapat ditambah, hingga dana yang diterima masing-masing nanti cukup untuk modal pemberdayaan umat itu. Demikian pula masjid-masjid yang dipilih, hendaknya benar-benar sudah melaksanakan pemberdayaan itu secara kongkret. ”Meskipun sebuah masjid itu, misalnya, sedang merintis pemberdayaan umat secara sederhana—dapat saja kita dorong dengan bimbingan yang semestinya serta dana yang memadai,” ujarnya.

Dengan dialog, kata dia, telah terjadi tukar-menukar pengalaman antar ormas satu dengan yang lain. Akhirnya menyadarkan para peserta, bahwa memang terasa berbeda satu dengan yang lain tapi tak perlu dibedakan, namun justru harus disatukan untuk kepentingan bersama. Kepentingan bersama itu adalah upaya pemberdayaan ekonomi ummat secara bersama-sama (berjama’ah) melalui masjid atau majlis ta’lim yang selama ini sudah berkembang pesat. Kerja sama (ta’awun) antar Muslim Indonesia memang akan membawa banyak maslahah bagi umat, dan diyakini mampu melenyapkan stigma perbedaan (ikhtilaf dalam bidang furu’) yang cenderung merusak ukhuwwah yang dicita-citakan.

”Untuk mencapai itu, diharapkan peran da’i dan muballigh untuk menyebarkan informasi yang benar bagi tujuan-tujuan pencapaian kesejahteraan bersama. Harus ditegaskan pada umat bahwa musuh bersama kaum Muslimin saat ini adalah kemiskinan dan kebodohan. Jika kita bersatu dan bersepakat untuk melenyapkannya pasti kita bisa asal jangan menjadikan perbedaan dalam ormas itu sebagai sebab terjadinya perpecahan. Motto Ukhuwwah Islamiyah harus mewujud dalam bentuk kerjasama yang baik antar umat untuk mencapai kesejahteraan dunia maupun akhirat,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: