Cara mudah mengganti theme worpress

Pagi ini saya menemukan sebuah themes atau template yang menurut saya cukup menarik untuk dicoba, themes ini saya dapat dari http://www.blogohblog.com sehingga saya ingin mengganti themes wordpress saya. Selain karena tampilannya yang cukup menarik namun juga karena ukuran dari themes itu sangat kecil yaitu berkisar 60Kb dibanding themes saya saat ini tentu akan lebih baik jika menggunakan yang baru tersebut.

Nah, rencananya saya mau mencoba untuk menggunakannya. Semoga dengan themes baru tersebut nantinya blog saya terasa lebih ringan untuk diakses baik via komputer dengan akses yang super lemot maupun diakses dari mobile phone.

Sebenarnya saya tidak ingin untuk sering mengganti themes, namun jika dengan mengganti themes akan lebih memudahkan akses blog ini oleh pengunjung mengapa tidak…?

Bagi sobat blogger yang ingin mengganti juga themes atau template blog saya ada sedikit tip’s:

1. Blogwalking untuk mendapatkan ide atau menemukan template yang menarik
2. Perhatikan jumlah coloum dan widget yang disediakan.
Untuk coulum dan widget ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk ruang iklan atau lainnya.

3. Jangan hanya melihat keindahan suatu template tapi juga perhatikan ukuran filenya.

Usahakan ukurannya dibawah 100Kb apa lagi yang yang membeli hosting dengan traffic dan space yang kecil. Semakin kecil ukurannya semakin mudah untuk diakses.

Adapun untuk cara mengganti themes saya rasa semua sudah tahu, namun bagi yang belum tahu berikut caranya:

1. Download themes
2. Masuk ke cPanel
3. Selanjutnya masuk ke directory /public_html/wp-content/themes lalu upload themes yang telah kita download tadi.
4. Masuk ke account wordpress
5. Pilih Dashboard >> Appereance >> Themes >> Disini kita tinggal aktifkan themes tadi
6. SignOut dari wordpress dan coba masuk ke halaman blog.

Untuk saat ini template saya masih sama dengan kemarin. Penggantian template akan saya lakukan nanti malam, alasannya adalah karena blog saya ini sepi pengunjung di malam hari. Sekalian nanti malam akan saya lakukan maintenance blog sehingga setelah ganti template nantinya tidak terjadi error.

Tinggalkan Balasan

